Kunjungan Kerja Inspektorat pada Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik


Dalam rangka mewujudkan paradigma baru pengawasan internal di BPPT, dari sekedar watchdog, ke peran konsultan dan katalis, Inspektorat BPPT mengadakan kunjungan kerja ke Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) Bali. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Inspektur BPPT, Kelik Budiana engan didampingi oleh Aparat Pengawasa Intern Pemerintah (APIP) BPPT.

Evaluasi Kegiatan BTIKK
Sebagai impelemntasi dari salah satu peran pengawasan, yaitu evaluasi, pada kunjungan kerja di BTIKK ini, Inspektur mengevaluasi kegiatan yang dilakukan oleh BTIKK setelah terlebih dahulu dipaparkan oleh Kepala BTIKK, Hermawan Prasetya. Inspektur memberikan beberapa arahan antara lain agar perencanaan BPNBP lebih cermat dengan mempertimbangkan aspek ketercapaian kegiatan. Inspektur juga memberikan dorongan agar BTIKK merangkul industri dalam rangka mengimplementasikan hasil-hasil kegiatannya.

Memperkenalkan SISKONAWAS
Inspektur juga berkesempatan memaparkan sistem baru di bidang pengawasan yang sedang dibangun dan diberi nama Sistem Konsultasi dan Manajemen Pengawasan (SISKONAWAS). Sistem ini akan memberikan ruang konsultansi oleh para Kepala Unit Kerja di BPPT, langsung ke Inspektorat secara online. Di samping itu, sistem ini juga akan mampu mengelola kegiatan-kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat yaitu Audit, Reviu, Evaluasi, Pemantauan serta kegiatan pengawasan lainnya.

Persiapan menuju Unit Kerja Berpredikat WBK/WBBM
Selain daripada itu, untuk melaksanakan salah satu dari 7 (tujuh) perintah harian Kepala BPPT yaitu Wujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Inspektur mengesakna kembali pentingnya Unti Kerja untuk menjadi WBK/WBBM. Inspektur juga memberikan beberapa strategi kepada BTIKK, bagaimana cara mendapatkan predikat tersebut dan apa saja keuntungan yang didapatkan apabila predikat dapat diraih.

Pada kesempatan ini, Inspektorat juga memberikan waktu kepada pegawai yang hadir untuk melakukan konsultasi dari tanya jawab.

Sebagai penutup kunjungan, Inspektur beserta APIP mengunjungi laboratorium dan ruang pamer yang ada di BTIKK. (AD/EM/KB)


Berita Populer

© 2020 Inspektorat - BPPT