Siskonawas Garda Pengawal Pengawasan Inspektorat BPPT


 

Pengawasan dan Teknologi Informasi untuk saat ini ibarat seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Hal inilah yang membuat Inspektorat BPPT menginisiasi untuk membangun aplikasi yang dapat membantu auditor Inspektorat BPPT dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pengawasan yang saat ini semakin kompleks.

Dipimpin oleh Inspektur Kelik Budiana, Inspektorat BPPT saat ini sedang membangun aplikasi yang bisa digunakan oleh auditee maupun auditor, yang dilabeli dengan nama Sistem Konsultasi dan Manajemen Pengawasan atau dapat dipanggil dengan nama pendek SISKONAWAS.

Dalam pembangunan aplikasi ini, Inspektur menekankan bahwa Auditor perlu untuk terus belajar salah satunya melalui aplikasi SISKONAWAS. “Auditor BPPT saat ini perlu untuk meningkatkan kapasitas pengetahuannya, agar bisa menjawab dengan baik konsultansi yang diajukan oleh auditee. Saat ini kita ketahui permintaan konsultasi dari Unit/Satuan Kerja semakin banyak sehingga kita harus mulai mengubah paradigma pengawasan kepada konsultan dan katalis” ujar Kelik.

Pengembangan SISKONAWAS akan dibagi menjadi pengembangan jangka pendek yang berorentasi pada pengembangan sistem konsultasi dan manajemen pengawasan khususnya pada jenis kegiatan pengawasan audit. Untuk pengembangan jangka menengah, berorentasi pada pengembangan aplikasi manajemen pengawasan untuk kegiatan pengawasan reviu serta kegiatan pengawasan lainnya dan pengembangan jangka panjang dari aplikasi SISKONAWAS ini adalah termanfaatkannya knowledge management pengawasan sehingga auditor bisa belajar terhadap hasil pelaksanaan pengawasan yang ada melalui SISKONAWAS serta menempatkan SISKONAWAS sebagai perpustakaan online. (AD/ANN)


Berita Populer

© 2020 Inspektorat - BPPT