Zona Integritas Tanpa Komitmen Hanyalah Angan-Angan


 

Tim Zona Integritas Inspektorat menyelenggarakan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 6 (enam) Satuan Kerja (Satker) di Badan Pengkajian dan  Penerapan Teknologi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kalau biasanya dilaksanakan dengan menggelar sosialisasi besar dengan mengundang seluruh Satker, kini sosialisasi dilaksanakan dengan menyambangi langsung Satker yang menjadi target prioritas pembangunan ZI. Strategi ini juga bagian dari komitmen Inspektorat dalam rangka meningkatkan pengawasan.

“Tahun ini kita coba cara lain, tujuannya apa, supaya satuan kerja itu memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, serta mereka (Satker) mengerti esensi dari Reformasi Birokrasi dan penerapannya,” ujar Auditor Utama Inspektorat BPPT Burhanuddin Guntur dalam setiap penyampaian paparannya.

Beliau juga menambahkan beberapa success story pembangunan ZI di instansi lain dan di negara lainnya menunjukkan bahwa komitmen menjadi prasyarat sebuah instansi yang berintegritas. Jika komitmen kuat, maka mewujudkan institusi yang bersih dan melayani melalui zona integritas niscaya akan berbuah manis. Namun jika komitmen lemah, cita-cita menjadi zona integritas hanya akan menjadi sebatas angan dan pencitraan.

Satuan Kerja yang menjadi prioritas tahun ini dalam membangun ZI yaitu Balai Teknologi Polimer (BTP), Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH), Balai Teknologi Pesin Perkakas, Produksi dan Otomasi (BT MEPPO), Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK), Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dan Balai Bioteknologi.

Format kegiatan dilangsungkan dengan 2 (dua) sesi, sesi pertama penyampaian tahapan pembangunan pada seluruh pegawai dan sesi kedua pembahasan Teknis oleh Tim Pembangun ZI Satker itu sendiri.

Usai melakukan pemaparan kepada seluruh pegawai, Tim juga melakukan diskusi bersama dengan tim teknis Satker untuk membahas terkait identifikasi kondisi pada Satker di setiap komponen yang akan dibangun dan dinilai pada Lembar Kerja Evaluasi.

Tim Asistensi Pembangunan ZI selalu menyampaikan dan menegaskan kepada satuan kerja bahwa Zona Integritas sangat  ditentukan oleh komitmen pimpinan dan seluruh jajaran pegawai di dalamnya. (AS)

 

Link Paparan Road Show ZI 2019

 


Berita Populer

© 2020 Inspektorat - BPPT