Integrasi Pengaduan Online, untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik


 

Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (PP)  No. 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik, maka Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai salah satu lembaga pemerintahan juga ingin turut aktif dalam mengelola pengaduan pelayanan publik.

Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (PP)  No. 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik, maka Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai salah satu lembaga pemerintahan juga ingin turut aktif dalam mengelola pengaduan pelayanan publik.

Atas perintah Kepala BPPT, Inspektorat ditunjuk untuk segera menyusun SK dan rencana aksi pengelolaan pengaduan pelayanan publik dengan mengintegrasikan web layanan pengaduan masyarakat BPPT dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan&RB) dan turut diawasi oleh Kantor Staf Presiden dan Ombudsman.

Menanggapi perintah Kepala BPPT tersebut Inspektorat pada Rabu, 14 Agustus 2019 di Ruang Rapat Inspektorat, Gedung II BPPT Jakarta merapatkan barisan dengan membentuk tim kecil pengelola pengaduan masyarakat yang tugas pertamanya adalah segera menyusun SK pengelola pengaduan masyarakat dengan menggunakan aplikasi LAPOR!.

Saat ini tim pengelola pengaduan masyarakat Inspektorat BPPT sedang menyusun serta mematangkan SK Pengaduan Masyarakat, sistem penanganan internalnya serta mekanisme integrasi web pengaduan masyarakat dengan Aplikasi LAPOR!.

Adapun tujuan dari pengelola pengaduan masyarakat dengan menggunakan aplikasi LAPOR! Adalah menjalankan amanat PP No. 76 tahun 2013 dan sekaligus memperkuat sistem penanganan pengaduan masyarakat yang sebelumnya BPPT telah memiliki web pengaduan masyarakat yang terdapat di web BPPT. (AD)

 


Berita Populer

© 2020 Inspektorat - BPPT