Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) LAPOR!


Pada Selasa, tanggal 3 Agustus 2021 Inspektorat mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) LAPOR! melalui zoom online. Acara ini dibuka oleh Inspektur BPPT Bapak Makmuri dan mengundang narasumber dari Kemenpan RB yaitu Bapak Alfian Afan dan Ibu Winnie Anggraeni. Kegiatan merupakan implementasi Permenpan RB No. 46 Tahun 2020 tentang Roadmap Sistem Pelayanan Publik. Sosialisasi dan bimbingan teknis ini agar seluruh pegawai BPPT dapat memahami pentingnya melakukan pengaduan pelayanan publik. Dengan adanya sistem pengaduan ini diharapkan dapat mencegah tindak pidana korupsi atau penyalahgunaan keuangan, pengadaan barang dan jasa, konflik kepentingan dll. Dengan adanya saluran sistem pengaduan SP4N LAPOR kualitas pelayanan publik menjadi lebih transparan dan akuntabel, sehingga tata kelola anggaran di Instansi Pemerintah semakin berkualitas. 

Dengan adanya sarana pengaduan, penyelenggaraan pelayanan publik dapat memberikan klarifikasi atau ketidakpuasan masyarakat, terutama semakin banyak instansi yang mengutamakan pemberian pelayanan publik dan melakukan penyesuaian pada saat pandemi sekarang. 

Tujuan dari SP4N LAPOR :

1. Penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoodinasi

2. Penyelenggara memberikan akses masyarakat untuk berpartisipasi

3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik

 


Berita Populer

© 2021 Inspektorat - BPPT