Entry Meeting Pelaksanaan Probity Audit


Pada hari Selasa, 6 Juli 2021 telah dilaksanakannya entry meeting Probity Audit yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom dengan peserta auditor Inspektorat, PMO, PPK, dan Kepala Unit Kerja di BPPT.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap PPK, ULP/Pejabat Pengadaan pada kegiatan pengadaan barang dan jasa di pemerintahan. 

Probity diartikan sebagai integritas, kebenaran, dan kejujuran. Konsep probity tidak hanya digunakan untuk mencegah terjadinya korupsi/fraud tetapi juga untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan kegiatan sektor publik seperti proses pengadaan barang/jasa, penjualan aset, dan pemberian sponsor/hibah dilaksanakan secara wajar, objektif, transparan dan akuntabel.

Tujuan audit ini adalah untuk meningkatkan integritas pelayanan publik melalui efektifitas hasil audit atas proses pengadaan barang/jasa yang berdasarkan pada peraturan dan prosedur pengadaan barang/jasa. Hal ini akan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara nasional untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang/jasa.

Dampak yang dihasilkan dari proses pengadaan barang/jasa yang memenuhi prinsip-prinsip probity yaitu:

1) Menghindari konflik dan permasalahan.

2) Menghindari praktek korupsi.

3) Meningkatkan integritas sektor publik melalui perubahan perilaku dan perubahan organisasi. 

4) Memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa penyelenggaraan kegiatan sektor publik telah dilakukan melalui proses yang berintegritas dan dapat dipercaya.

5) Memberikan keyakinan secara objektif dan independen atas kejujuran (probity) proses pengadaan barang/jasa.

6) Meminimalkan potensi adanya litigasi (permasalahan hukum).

Probity Audit dilaksanakan selama proses Pengadaan Barang/Jasa berlangsung (Real Time)yaitu pada  saat proses PBJ sedang berlangsung dan/atau segera setelah proses PBJ selesai.

 


Berita Populer

© 2021 Inspektorat - BPPT