Pendampingan Pemeriksaan BPK Dalam Rangka Penanganan COVID-19 di BPPT


 

Sesuai dengan Program Kerja Pengawasan Tahunan Inspektorat Tahun 2020, Inspektorat melaksanakan pendampingan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka penanganan covid-19 di Badan Pengkajian dan Perencanaan Teknologi (BPPT). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pusat Inovasi Bisnis Teknologi BPPT dan di Balai B2TKS, PUSPIPTEK, Tangerang Selatan. (27/08)

Kegiatan pemeriksaan ini dihadiri oleh Tim Pemeriksa BPK RI, Kepala Balai Teknologi MEPPO beserta Tim, Pejabat Pembuat Komitmen Pusat Pelayanan Teknologi (PPK PUSYANTEK) BPPT, Tim Mobile Lab BSL2 PUSYANTEK, dan Inspektorat BPPT.

Kegiatan pemeriksaan BPK diawali dengan rapat mengenai pengadaan Mobile Lab BSL2 yang ditangani oleh PUSYANTEK BPPT, kemudian dilanjutkan dengan Tim BPK mengecek langsung ke ruang workshop Balai B2TKS. Pengecekan atas fisik Mobile Lab BSL2 dipandu oleh Kepala Balai Teknologi MEPPO, yang menjelaskan fungsi, fasilitas dan kemampuan yang dimiliki. Selain telah diperlengkapi fasilitas keamanan Mobile Lab Level 2, Lab ini juga memiliki kemampuan penyediaan data hasil Lab pada Cloud Server sehingga data dapat diakses dari manapun. Kelengkapan lainnya adalah fasilitas pengaturan kondisi suhu dan tekanan udara didalam Lab yang dindingnya terbuat dari StainlesSteel. Kondisi ini menjadikan Mobile Lab ini terbaik diantara Mobile Lab yang ada. BPPT telah berhasil membuat 2 buah Mobile Lab BSL2, yang masing-masing didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan oleh BUMN dan Bank BNI46.

Pelaksanaan pendampingan oleh Tim Inspektorat selanjutnya dilakukan hingga proses selesai atau tahap penyerahan Mobile Lab BSL2 kepada pihak LPDP dan BUMN & BNI46, sehingga diperoleh keyakinan tertentu bahwa pelaksanaan pengadaan Mobile Lab BSL2 telah mengikuti peraturan yang berlaku.


Berita Populer

© 2020 Inspektorat - BPPT